Penulis: Bimo Kresnomurti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak panduan cara transfer BSI lewat ATM saat aplikasi BYOND error. Layanan Bank Syariah Indonesia pada mobile banking BYOND dikabarkan error.
BSI menjadi salah satu bank syariah terbesar setelah penggabungan dari 3 bank syariah milik negara.
Perbankan Syariah ini telah menyediakan berbagai opsi transfer yang mudah diakses baik melalui aplikasi mobile banking maupun mesin ATM.
Baca Juga: Aplikasi Byond BSI Error Coba Solusi Ini untuk Mengatasinya
Layanan Mobile Banking memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan secara fleksibel dan mudah kapan pun dan di mana pun mereka berada.
Sayangnya, akun @Bank_BSIid memberikan pengumuman terkait pemeliharaan sistem dari salah satu aplikasi M-banking yakni BYOND by BSI. Nasabah perlu menunggu beberapa waktu terkait penutupan sementara layanan di aplikasi m-banking.
Diberitakan oleh Kontan.co.id, Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar mengatakan, proses upgrade system BSI telah selesai. Sehingga, layanan e-channel antara lain BSI Mobile, BsiNet, ATM, EDC, QRIS, Merchant App, Kartu Debit GPN & Visa sudah bisa digunakan.
Baca Juga: Panduan Cara Transfer BSI ke Sesama hingga Bank Lain dengan Byond dan M-banking
“(Semua layanan) sudah kembali normal dan dapat digunakan seperti biasa,” ujar Wisnu, Senin (10/2). Wisnu pun mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan pengertian nasabah. Ia menegaskan bahwa BSI tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk nasabah.
“Kami mengingatkan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi anda,” tambah dilansir dari laporan Kontan.co.id.
Meskipun begitu, kolom reply akun X atau Twitter @BankBSI_ID masih banjir cuitan nasabah terkait kendala yang masih terjadi. Sehingga, nasabah dapat mencari alternatif lain untuk transfer dana melalui mesin ATM BSI terdekat.
Baca Juga: Sempat Error, BSI Pastikan Aplikasi Byond Sudah Bisa Digunakan Kembali
Cara transfer lewat ATM BSI
Untuk mentransfer dana dari rekening ke sesama dan rekening bank lain di mesin ATM, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Pastikan Anda memiliki kartu ATM BSI dan PIN Anda.
- Temukan mesin ATM BSI terdekat atau mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama atau Prima.
- Masukkan kartu ATM BSI ke slot kartu ATM pada mesin ATM.
- Masukkan PIN ATM.
- Pilih bahasa yang diinginkan.
- Pilih menu "Transfer" atau "Transfer Antar Bank".
- Pilih jenis rekening yang akan ditransfer, misalnya "Tabungan".
- Masukkan kode bank tujuan.
- Masukkan kode bank yang benar untuk bank penerima.
- Contohnya, untuk Bank BCA kode banknya adalah "014".
- Masukkan nomor rekening tujuan dengan benar.
- Konfirmasi nomor rekening tujuan yang Anda masukkan.
- Masukkan jumlah uang yang ingin Anda transfer.
- Cek jumlah uang yang akan Anda transfer.
- Ikuti petunjuk selanjutnya pada layar ATM untuk menyelesaikan transaksi.
- Pastikan untuk menyimpan struk transaksi sebagai bukti transfer.
- Pastikan untuk menyimpan kartu ATM dan struk transaksi.
Layanan Transfer ATM Bersama
Nasabah yang hanya menemukan ATM lain seperti Link, Prima, dan ATM Bersama juga bisa melakukan transaksi. BSI turut bekerja sama dengan ATM Link, Prima, dan ATM Bersama untuk melakukan Tarik Tunai, Transfer hingga Cek Saldo.
Nasabah BSI yang akan menggunakan mesin ATM Link, Prima, dan ATM Bersama, sebagai berikut besaran biayanya:
- Tarik Tunai: Rp 7.500
- Cek Saldo: Rp 4.000
- Transfer Sesama BSI: Rp 6.500
- Transfer Bank Lain: Rp 6.500
- Decline (dana tidak cukup): Rp 2.500.
Baca Juga: Panduan Cara Transfer BRI lewat BI Fast untuk Pengguna BRImo
Solusi saat BYOND by BSI Error
Jika sebuah aplikasi di Playstore mengalami gangguan, Anda dapat mengonfirmasi langsung kepada pengembangnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah error terjadi karena proses perbaikan sistem atau ada masalah teknis pada aplikasi tersebut.
Biasanya, ketika aplikasi mengalami error, Anda bisa mencoba me-restart HP sebagai langkah awal. Cara ini juga dapat diterapkan pada aplikasi lain yang mengalami kendala serupa.
Selain itu, pastikan koneksi internet pada ponsel dalam kondisi stabil. Jaringan yang tidak stabil dapat menyebabkan aplikasi gagal berjalan dengan baik atau mengalami gangguan saat dibuka.
Selama proses ini, layanan transaksi melalui e-Channel mengalami kendala, namun BSI memastikan bahwa data dan dana nasabah tetap aman. Nasabah disarankan untuk melakukan transaksi melalui kantor cabang BSI terdekat hingga layanan kembali normal.
Itulah langkah alternatif bagi nasabah BSI yang masih menunggu aplikasi BYOND by BSI berjalan normal.
Tonton: Bank Muamalat Ditawarkan Lagi ke BTN
Selanjutnya: Trump: Suatu Saat Nanti Ukraina Mungkin akan Jadi Milik Rusia
Menarik Dibaca: AlloFresh Luncurkan Fitur Perbandingan Harga untuk Konsumen
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News