kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan Hanya Pembiayaan, PNM Juga Memberikan Pendampingan Usaha


Kamis, 07 September 2023 / 20:50 WIB
Bukan Hanya Pembiayaan, PNM Juga Memberikan Pendampingan Usaha
ILUSTRASI. Bukan Hanya Pembiayaan, PNM Juga Memberikan Pendampingan Usaha.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bertajuk Webinar: Lingkungan Lestari, Keluarga Berseri yang diselenggarakan oleh Permodalan Nasional Madani (PNM) menghadirkan Andi F. Noya (Kick Andy) sebagai narasumber yang membagikan pesan penting untuk para Ibu-Ibu Nasabah PNM di seluruh Indonesia yang disiarkan langsung dari Menara PNM pada Kamis (7/9).

“Peran ibu-ibu ini menjadi penting untuk menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita,” ujar Andi dalam keterangan tertulis.

Memperkenalkan kembali BenihBaik.com, inisiasi milik Andi yang bertujuan untuk menyuarakan dan mengajak masyarakat untuk menjaga bumi yang sudah tua ini, ia banyak berpesan kepada para nasabah akan peran penting seorang ibu dalam menjaga lingkungan.

“Ibu-ibu adalah orang yang paling bisa mengontrol sampah di rumah, seperti sampah jajanan anak kan bungkusnya itu plastik yang tidak ramah lingkungan,” tambah Andi.

Baca Juga: BFI Finance Beberkan Alasan Masuk ke Bisnis Pembiayaan Motor Listrik

Menjunjung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Poin Nomor 6 Air Bersih dan Sanitasi Layak, Poin Nomor 11 Kota dan Pemukiman Yang Berkelanjutan, Poin Nomor 14 Ekosistem Lautan, dan Poin Nomor 15 Ekosistem Daratan adalah satu napak tilas yang dijalankan PNM melalui program TJSL-nya.

Hal ini juga nampak dalam kerja sama PNM bersama BenihBaik dalam menanam 1.000 benih Durian Bawor di Desa Banyumas dan panen Madu Klanceng. Hal ini bertujuan untuk membantu pembangunan ekonomi desa tersebut. Tentu kegiatan ini, sebagaimana prinsip PNM, dilaksanakan bersama pendampingannya.

Singkatnya, PNM bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. Pembiayaan dan pendampingan merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu dengan lainnya.

“Banyak yang mendapat akses permodalan tetapi gagal karena tidak mendapatkan pendampingannya,” ujar Andi.

Baca Juga: Hingga Agustus 2023, Total Pembiayaan Tersalurkan BRI Finance Capai Rp 3,6 Triliun

Berbagai himbauan untuk mencari peluang dari masalah juga disampaikan. Kelola sampah yang baik dapat menjadi produktivitas baru yang menambah pendapatan. Seperti kelola kain perca dan sampah plastik. 

Tidak sedikit juga dari 14,8 juta nasabah PNM yang menjalankan usaha daur ulang sampah. Bahkan, banyak Ibu Nasabah yang mulai menjamur dalam menekuni usaha kain eco-print ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×