kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Niaga akan Hentikan Penyaluran Kredit Batubara di Tahun 2040


Kamis, 29 September 2022 / 14:14 WIB
CIMB Niaga akan Hentikan Penyaluran Kredit Batubara di Tahun 2040
ILUSTRASI. PT Bank CIMB Niaga Tbk bakal menghentikan penyaluran kredit ke sektor batubara pada tahun 2040.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk bakal menghentikan penyaluran kredit ke sektor batubara pada tahun 2040. 

Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB NIaga akan menjalankan komitmen Paris Agreement tentang perubahan iklim. 

Mulai dari target pengurangan emisi nasional atau Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030. Lalu transisi menuju ekonomi rendah karbon, dan tujuan nol emisi (net zero) pada tahun 2060. 

Oleh sebab itu, pada 2030, Bank CIMB Niaga bakal memangkas portofolio kredit batubara hingga 50%. Lalu menghentikan sepenuhnya pada 2040 bersamaan dengan target pemerintah. Oleh sebab itu, CIMB Niaga mendorong agar debitur dari industri ini melakukan transisi ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Suku Bunga Naik, Bankir Waspadai Pemburukan Kualitas Aset KPR

Ia menyatakan, perubahan iklim (climate change) merupakan masalah global yang harus diatasi bersama oleh semua pemangku kepentingan. Indonesia sebagai negara yang meratifikasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim telah menetapkan target nasional pengurangan emisi atau Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030, transisi menuju ekonomi rendah karbon, dan tujuan nol emisi (net zero) pada tahun 2060.

”Sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia tersebut, perbankan juga memiliki tanggungjawab dalam memitigasi perubahan iklim. Oleh karena itu, CIMB Niaga mengajak para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, bertransformasi, dan melakukan transisi, yaitu Transisi yang Berkeadilan atau Just Transition. Hal ini berarti menghijaukan ekonomi dengan cara yang seadil dan inklusif mungkin bagi semua pihak tanpa meninggalkan siapapun,” kata Lani belum lama ini.

Seiring dengan itu, CIMB Niaga akan terus memperkuat penyaluran kredit ke sektor berkelanjutan. 

Fransiska Oei, Direktur Kepatuhan, Corporate Affairs & Hukum CIMB Niaga menyatakan kontribusi kredit berkelanjutan di CIMB Niaga sudah mencapai 25% dari total portofolio hingga saat ini. Ia mengaku kualitas kredit ESG ini tidak memiliki kredit bermasalah atau non performing loan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×