kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.916.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.830   -10,00   -0,06%
  • IDX 6.400   -41,63   -0,65%
  • KOMPAS100 918   -5,59   -0,61%
  • LQ45 717   -5,96   -0,82%
  • ISSI 202   0,24   0,12%
  • IDX30 374   -3,30   -0,87%
  • IDXHIDIV20 454   -4,95   -1,08%
  • IDX80 104   -0,73   -0,70%
  • IDXV30 110   -1,18   -1,06%
  • IDXQ30 123   -1,18   -0,95%

Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk ke Akun


Rabu, 16 April 2025 / 11:57 WIB
Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk ke Akun
ILUSTRASI. Konsumen menggunakan dompet digital saat pembayaran pada gerai makanan di Depok, Minggu (7/1/2024). Penelitian InsightsAsia menyatakan, 71% masyarakat Indonesia memilih e-wallet sebagai metode pembayaran yang paling disukai, diikuti oleh mobile banking dan uang tunai. (KONTAN/Baihaki)

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - Simak cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk ke saldo akun pengguna. Proses top up saldo DANA biasanya berlangsung cepat dan praktis, namun tak jarang pengguna menghadapi kendala yang membuat transaksi gagal.

DANA meruapakan salah satu dompet digital yang memiliki banyak layanan pembayaran untuk transaki online.

Pengguna bisa saja menemui masalah gagal top up bisa muncul karena berbagai faktor, mulai dari gangguan teknis hingga kesalahan pengguna.

Baca Juga: Waspada Link Palsu Saldo DANA Kaget, Klaim Resmi Hanya lewat Link.dana.id

PasarPolis dan DANA luncurkan penjualan asuransi mikro

Penyebab umum gagalnya top up sangat penting agar pengguna bisa segera mengambil langkah yang tepat dan menghindari kekhawatiran berlebih, terutama ketika saldo di rekening sudah terpotong tapi belum masuk ke aplikasi.

Kegagalan saat melakukan isi ulang (top up) saldo DANA memang bisa bikin bingung.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini, namun semuanya bisa diatasi dengan langkah-langkah yang tepat.

Baca Juga: Cara Membuat Link Saldo DANA Kaget untuk Pemula beserta Fiturnya

Penyebab Umum Gagal Top Up Saldo DANA dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa penyebab yang sering terjadi:

1. Masalah Koneksi Internet

Sinyal yang lemah atau koneksi internet yang tidak stabil bisa menghambat proses top up. Pastikan pengguna memiliki jaringan yang kuat sebelum mencoba ulang.

Bahkan saat saldo bank sudah terpotong tapi belum masuk ke DANA, kemungkinan besar disebabkan koneksi internet yang terganggu. Tenang saja, biasanya saldo akan masuk setelah koneksi membaik dan sistem memproses ulang.

2. Cache Aplikasi Menumpuk

Khusus pengguna Android, cache aplikasi yang terlalu banyak bisa mempengaruhi performa aplikasi. Solusinya, tutup aplikasi DANA dan bersihkan cache-nya melalui pengaturan ponsel > aplikasi > kelola aplikasi > pilih DANA > hapus cache.

3. Aplikasi Belum Diperbarui

Ketika pengguna belum memperbarui aplikasi DANA ke versi terbaru, hal ini bisa memicu error saat top up. Update rutin penting untuk mendapat fitur baru, perbaikan bug, dan sistem keamanan yang lebih optimal.

Baca Juga: Cara Top Up di Webstore FC Mobile, Mendukung Pembayaran Dana, Gopay, Ovo hingga QRIS

4. Kesalahan Input Nomor Tujuan

Salah memasukkan nomor DANA tujuan bisa menyebabkan top up gagal. Pastikan pengguna mengetik nomor dengan benar sebelum melanjutkan transaksi.

5. Penggunaan VPN

VPN bisa mengganggu jalur transaksi dan menyebabkan top up tidak berhasil. Disarankan untuk mematikan VPN saat menggunakan aplikasi DANA.

6. Melebihi Batas Maksimum Saldo

DANA memiliki batas maksimum saldo yang bisa disimpan. Jika saldo pengguna sudah mendekati batas ini, sistem bisa menolak top up tambahan. Bagi pengguna DANA yang belum melakukan upgrade ke akun Premium, batasan saldo maksimal yang bisa ditampung di akun Regular adalah Rp2.000.000.

Sementara jumlah minimal top up untuk akun DANA Regular adalah Rp10.000. Batasan ini berlaku sama untuk semua metode pembayaran yang didukung, seperti transfer bank, kartu kredit/debit, dan merchant yang bekerja sama dengan DANA.

Untuk pengguna yang telah meng-upgrade akunnya menjadi Premium, batasan saldo maksimal yang bisa ditampung meningkat hingga Rp10.000.000.

7. Gangguan Sistem di Aplikasi DANA

Kadang, masalah bukan di pengguna, melainkan aplikasi DANA sedang mengalami gangguan atau maintenance.

Apabila ini terjadi, pengguna cukup menunggu hingga sistem normal kembali. Bila butuh bantuan lebih lanjut, hubungi customer service DANA melalui WhatsApp di 0819-1500-445, email ke help@dana.id, atau telepon ke 1500-445.

Itulah informasi terkait cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk ke saldo akun pengguna.

Tonton: Santan Langka, Harga Naik! Apa yang Terjadi?

Selanjutnya: Harga Emas Antam Hari Ini Rp 1.916.000, Ini Cara Beli Emas Antam Logam Mulia

Menarik Dibaca: FedEx Tingkatkan Pengiriman Bagi Bisnis Lokal Indonesia ke Anchorage AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×