Penulis: Bimo Kresnomurti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami cara menonaktifkan layanan SMS Banking BSI, layanan perbankan berbasis pesan teks yang memungkinkan nasabah menerima notifikasi transaksi secara offline.
Layanan ini disediakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dan memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan berbagai transaksi langsung melalui SMS tanpa harus mengunjungi kantor cabang atau menggunakan layanan internet banking.
Sebagai pengguna layanan, Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking BSI, seperti notifikasi transaksi, cek saldo, atau transfer.
Ketika nasabah ingin menonaktifkan layanan ini, ada cara khusus yang dapat dilakukan melalui kantor cabang, layanan telepon, atau aplikasi BSI Mobile.
Baca Juga: BSI Luncurkan BSI Gold, Bakal Menjadi Cikal Bakal Bullion Bank
Layanan SMS Banking BSI
Nah, bagi nasabah yang belum tahu ada apa saja fitur dan layanan disediakan pada layanan SMS Banking BSI, sebagai berikut.
- Cek Saldo: Nasabah dapat memeriksa saldo rekening mereka dengan mengirimkan format SMS tertentu.
- Mutasi Rekening: Melihat riwayat transaksi terakhir untuk mengetahui aktivitas pada rekening.
- Transfer Dana: Melakukan transfer dana antar rekening BSI atau ke bank lain yang terdaftar.
- Pembayaran Tagihan: Membayar berbagai tagihan seperti listrik, air, telepon, dan tagihan lainnya.
- Isi Ulang Pulsa: Melakukan pembelian pulsa untuk nomor ponsel prabayar.
Sayangnya, beberapa nasabah mungkin ingin berhenti menggunakan layanan ini karena dengan adanya notifikasi dan pemotongan pulsa operator.
Untuk itu, Ada beberapa panduan untuk menonaktifkan fitur dari SMS Banking BSI oleh nasabah.
Baca Juga: Bidik Generasi Muda, BSI Perkenalkan SuperApp BYOND ke Masyarakat
Cara menonaktifkan SMS Banking BSI
Simak panduan untuk menonaktifkan SMS Banking BSI dapat dilakukan dengan dua cara mudah, yaitu melalui call center dan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Berikut panduan lengkapnya:
1. Lewat Call Center
Berikut ini panduan untuk menonaktifkan SMS Banking berikut ini.
- Pastikan HP dengan nomor aktif dan Pulsa yang cukup untuk menghubungi call center BSI (14040)
- Dokumen terkait seperti KTP, Buku Tabungan BSI, dan kartu ATM (jika diminta)
- Hubungi Call Center BSI di nomor Telepon 14040 dan ikuti arahan dari operator.
- Sampaikan kepada operator bahwa Anda ingin menonaktifkan SMS Banking BSI.
- Ikuti petunjuk dari petugas untuk menyelesaikan proses penonaktifan.
- Petugas mungkin akan meminta data diri dan verifikasi dokumen.
- Pastikan Anda mendapatkan konfirmasi bahwa SMS Banking BSI telah dinonaktifkan.
Baca Juga: BSI Catat Kenaikan Signifikan Tabungan Haji Sepanjang 2024
2. Datang ke Kantor Cabang
Nah, untuk panduan menonaktifkan SMS Banking lewat cabang bisa ikuti petunjuk di bawah ini.
- Siapkan Dokumen terkait seperti KTP, Buku Tabungan BSI, dan kartu ATM
- Kunjungi Kantor Cabang BSI Terdekat.
- Ambil nomor antrian untuk layanan Customer Service.
- Tunggu hingga nomor Anda dipanggil.
- Informasikan kepada petugas bahwa Anda ingin menonaktifkan SMS Banking BSI.
- Ikuti petunjuk dari petugas untuk menyelesaikan proses penonaktifan.
- Petugas mungkin akan meminta data diri dan verifikasi dokumen.
- Pastikan Anda mendapatkan konfirmasi bahwa SMS Banking BSI telah dinonaktifkan.
Demikian penjelasan terkait cara menonaktifkan fitur SMS Banking BSI melalui call center hingga kantor cabang.
Tonton: Antrian Haji Capai 5,4 Juta Orang, BPKH Ajak Perbankan Cari Solusi
Selanjutnya: Jaga Stabilitas Industri Reasuransi lewat Program Penjaminan Polis
Menarik Dibaca: Harga Emas Naik Tipis, Prospek Kenaikan Harga Melambat di 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News