kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.415.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.490
  • IDX 7.555   20,61   0,27%
  • KOMPAS100 1.163   0,66   0,06%
  • LQ45 942   3,23   0,34%
  • ISSI 221   -0,44   -0,20%
  • IDX30 479   2,02   0,42%
  • IDXHIDIV20 576   2,70   0,47%
  • IDX80 131   0,22   0,17%
  • IDXV30 136   -0,53   -0,39%
  • IDXQ30 160   0,80   0,50%

Jerome Powell Akan Bertahan di The Fed hingga Akhir Masa Jabatan


Selasa, 16 Juli 2024 / 05:01 WIB
Jerome Powell Akan Bertahan di The Fed hingga Akhir Masa Jabatan
ILUSTRASI. Jerome Powell Akan Bertahan di Fed hingga Akhir Masa Jabatan. REUTERS/Kevin Mohatt

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Senin mengatakan bahwa ia tidak berencana meninggalkan posisinya sebagai kepala bank sentral AS sebelum masa jabatannya berakhir, membantah klaim dari beberapa pendukung setia Donald Trump bahwa Powell akan segera kehilangan pekerjaannya jika mantan presiden tersebut kembali ke Gedung Putih.

Ketika ditanya dalam sebuah acara pada hari Senin apakah ia berniat menyelesaikan masa jabatannya sebagai ketua, yang berakhir pada tahun 2026, Powell menjawab: "Ya."

Pernyataan tersebut berpotensi memicu ketegangan baru antara Powell dan Trump jika calon dari Partai Republik tersebut mengalahkan Presiden Joe Biden dalam pemilihan 5 November mendatang.

Baca Juga: Bursa Saham AS: Optimisme Menguat, Dipicu Harapan Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Hubungan tegang antara Trump, yang selamat dari percobaan pembunuhan pada hari Sabtu, dan Powell menjadi sorotan tajam jika Trump kembali ke Gedung Putih atau terlihat berpeluang untuk menang mendekati Hari Pemilihan.

Powell pertama kali diangkat menjadi anggota Dewan Gubernur Fed oleh mantan Presiden Barack Obama, tetapi Trump yang memilihnya untuk memimpin bank sentral, posisi yang Powell emban pada awal 2018.

Trump segera berbalik melawan Powell, mengkritik kenaikan suku bunga yang dilakukan Fed selama tahun pertama Powell menjabat.

Trump bahkan sempat membahas pemecatan ketua Fed tersebut, meskipun para pembantu kemudian mengatakan Trump menyadari bahwa kemungkinan besar dia tidak memiliki kekuasaan untuk melakukannya.

Baca Juga: Grafik Harga Emas 24 Karat Antam Terbaru (15 Juli 2024)

Namun hal tersebut tidak menghentikan Trump untuk terus mengancam Powell sepanjang masa kepresidenannya, sebuah praktik yang dihindari Biden selama masa jabatannya.

Presiden selanjutnya akan memiliki kesempatan untuk memilih ketua Fed yang baru.

Ketika ditanya pada hari Senin apakah ia akan tetap menjabat sebagai ketua jika diangkat kembali oleh presiden berikutnya, Powell menjawab: "Saya tidak punya jawaban untuk itu hari ini."

Trump, di pihaknya, telah mengatakan bahwa ia tidak akan mengangkat kembali Powell, dan beberapa pendukung setia Trump memprediksi Powell akan segera meninggalkan jabatannya setelah Trump memulai masa jabatan keduanya.

Baca Juga: Sama-Sama Turun Harga, Market Cap BREN Kini Lebih Mini Daripada BBCA

Steve Bannon, mantan kepala strategi Trump yang saat ini menjalani hukuman penjara karena menolak panggilan pengadilan dari komite yang menyelidiki serangan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021, baru-baru ini mengatakan kepada seorang kolumnis New York Times bahwa dia yakin "segera setelah The Associated Press mengumumkan hasil pemilihan, Jerome Powell akan mengajukan pengunduran dirinya."

Peter Navarro, mantan penasihat perdagangan Trump yang juga dipenjara karena menolak bekerja sama dalam penyelidikan kongres atas serangan 6 Januari, mengatakan dia memperkirakan Powell "akan pergi dalam seratus hari" dari masa jabatan Trump yang baru, menurut sebuah wawancara dengan Semafor.

Baca Juga: Tiongkok Masih Jadi Mitra Dagang Utama Indonesia, Segini Porsinya

Komentar Powell pada hari Senin membantah klaim tersebut, tetapi para sekutu Trump dilaporkan sedang menyusun proposal yang akan mencoba mengurangi independensi Fed jika Trump menang.

Pada bulan April, Wall Street Journal melaporkan, mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah ini, bahwa sekelompok kecil sekutu Trump telah menyusun dokumen hampir 10 halaman yang menguraikan visi kebijakan untuk bank sentral.

Laporan tersebut mengatakan kelompok itu berpendapat bahwa Trump harus diajak berkonsultasi mengenai keputusan suku bunga dan akan memiliki wewenang untuk memecat Powell sebelum masa jabatannya sebagai ketua berakhir pada 2026.

Baca Juga: Menciut, Surplus Neraca Dagang Indonesia Berlanjut di Bulan ke-50

Sementara masa jabatannya sebagai ketua berakhir pada awal 2026, posisinya sebagai gubernur Fed berlanjut hingga 31 Januari 2028, meskipun tidak lazim bagi mantan ketua untuk mempertahankan kursi dewan setelah meninggalkan posisi kepemimpinan.

Kelompok lain yang diorganisir oleh Heritage Foundation yang condong ke konservatif juga telah membuat daftar inisiatif untuk membatasi jangkauan Fed dalam pemerintahan Trump yang kedua.

Trump sendiri, bagaimanapun, telah menjauhkan diri dari inisiatif Project 2025.

Baca Juga: IHSG Memerah, 6 dari 11 Indeks Sektoral Turun, Senin (15 Juli 2024)

Trump juga mengatakan bahwa ia percaya Powell akan menurunkan suku bunga untuk membantu prospek pemilihan kembali Presiden Joe Biden pada bulan November.

Memang, dengan inflasi yang mendingin, pasar keuangan sekarang memprediksi bahwa Fed kemungkinan akan menurunkan suku bunga pada pertemuan 17-18 September, hanya sekitar tujuh minggu sebelum pemilihan presiden 5 November.

Powell telah berulang kali ditanya selama minggu lalu apakah pemilihan akan mempengaruhi keputusan Fed untuk menurunkan suku bunga, dan Powell kembali mengatakan pada hari Senin bahwa dia dan pembuat kebijakan bank sentral lainnya tidak memperhitungkan politik dalam pengambilan keputusan mereka.

Baca Juga: OJK Ingatkan Bank Berhati-hati dalam Menyalurkan Kredit Lewat Fintech

Powell, yang memulai penampilannya pada hari Senin dengan menyebut percobaan pembunuhan terhadap Trump pada hari Sabtu sebagai "hari yang menyedihkan bagi negara kita" dan mendoakan Trump agar cepat sembuh, mengatakan: "Kami tidak memperhitungkan pertimbangan politik. Kami tidak menerapkan filter politik pada keputusan kami."

Oleh Howard Schneider

(Reporting by Howard Schneider; Writing by Dan Burns and Howard Schneider; Editing by Andrea Ricci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Sustainability Reporting with GRI Standards Practical Business and Social Responsibility berbasis ISO

×