kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kelesuan Pasar Saham AS di Musim Panas Diprediksi Lebih Tajam Tahun Ini


Senin, 27 Mei 2024 / 04:55 WIB
Kelesuan Pasar Saham AS di Musim Panas Diprediksi Lebih Tajam Tahun Ini
ILUSTRASI. Kelesuan Pasar Saham AS di Musim Panas Diprediksi Lebih Tajam Tahun Ini. REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - New York, 26 Mei (Reuters) - Kelesuan pasar saham AS di musim panas yang biasa terjadi mungkin akan lebih parah tahun ini.

Kekhawatiran inflasi dan debat pemilihan presiden yang lebih awal berpotensi menekan reli yang telah mendorong indeks S&P 500 mendekati rekor tertinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Indeks S&P 500 telah naik hampir 12% tahun ini didorong oleh laporan keuangan perusahaan yang kuat dan tanda-tanda inflasi yang mungkin cukup menurun sehingga Federal Reserve dapat menurunkan suku bunga acuan.

Namun, reli tersebut kemungkinan tidak akan berlanjut di bulan-bulan mendatang, kata para investor.

Secara historis, musim panas adalah musim terlemah bagi saham AS.

Baca Juga: Saham di Wall Street Naik Akhir Pekan, Harga Minyak Melambung Jelang Liburan

Indeks S&P 500 hanya naik 56% antara Juni hingga Agustus, menurut data dari CFRA Research sejak 1945.

Beberapa alasan yang sering disebut untuk kelesuan musim panas ini adalah trader yang sedang berlibur dan investor yang menunggu laporan keuangan perusahaan musim gugur sebelum memutuskan alokasi aset untuk tahun depan.

Namun, musim panas tahun ini menghadapi tantangan ekstra. Ketidakpastian yang sedang berlangsung tentang kapan penurunan suku bunga akan terjadi dan ketidakpastian pemilihan presiden AS diperkirakan akan menyebabkan beberapa fluktuasi.

"Pasar saat ini memiliki valuasi yang cukup tinggi, dan semuanya harus berjalan dengan baik antara sekarang dan Juli agar Fed dapat menurunkan suku bunga," kata Sameer Samana, ahli strategi pasar global senior di Wells Fargo Investment Institute.

Baca Juga: Pengingat Usai Libur Panjang: IHSG Naik, 10 Indeks Sektoral Ikut Susut (22 Mei 2024)

"Kami tidak melihat banyak katalis potensial untuk kenaikan lebih lanjut, jadi ada kemungkinan besar bahwa perlambatan musiman yang biasanya kita lihat akan semakin parah tahun ini."

Data inflasi akan menjadi pendorong utama pasar untuk sisa tahun ini, menentukan arah imbal hasil obligasi Treasury dan daya tariknya dibandingkan dengan saham.

Indeks S&P 500 saat ini diperdagangkan dengan rasio price-to-earnings forward 21,6 dibandingkan dengan sekitar 17,5 pada Oktober ketika imbal hasil Treasury 10 tahun mencapai dekat level tertinggi dua dekade.

Data inflasi yang lebih panas dari perkiraan awal tahun ini meredam ekspektasi penurunan suku bunga Fed pada tahun 2024, mendorong imbal hasil secara keseluruhan lebih tinggi.

Kemudian penurunan tingkat kenaikan harga pada bulan April secara luas dipandang memberi Fed ruang untuk pelonggaran, dengan pasar sekarang memperkirakan penurunan 35 basis poin pada akhir Desember.

Tetapi data inflasi tinggi lainnya di bulan Juni atau Juli bisa menghilangkan harapan tersebut.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Bergeming (26 Mei 2024), Sebulan Naik 0,45%

Laporan pengeluaran konsumsi pribadi berikutnya diperkirakan pada hari Jumat, sementara laporan indeks harga konsumen berikutnya diperkirakan pada 12 Juni.

"Tantangan sebenarnya akan terjadi di sisi relatif. Jika imbal hasil melonjak dan jika tampaknya Fed tidak akan menurunkan suku bunga, maka investor akan beralih ke obligasi dan uang tunai," kata Ed Clissold, kepala ahli strategi AS di Ned Davis Research.

Pada saat yang sama, manajer investasi global memiliki alokasi saham tertinggi sejak Januari 2022, menurut BofA Global Research.

"Ketika semua orang sudah memiliki saham dalam jumlah besar, tidak ada lagi yang tersisa untuk membeli," kata Giuseppe Sette, presiden firma riset pasar Toggle.

Baca Juga: Grafik Harga Emas 24 Karat Antam Terbaru (26 Mei 2024)

Persaingan Ketat

Pemilihan tahun ini antara Presiden Joe Biden, seorang Demokrat, dan mantan Presiden Partai Republik Donald Trump adalah ketidakpastian lainnya.

Indeks S&P 500 telah naik antara Memorial Day dan Labor Day 75% ketika seorang presiden pertama kali mencalonkan diri untuk pemilihan kembali, kata Sam Stovall, kepala ahli strategi investasi di CFRA Research. Namun persaingan tahun ini sangat ketat dengan Biden yang sebagian besar terikat dengan Trump dalam jajak pendapat nasional.

Keduanya juga telah sepakat untuk berdebat pada 27 Juni. Ini akan menjadi debat pemilihan umum paling awal dalam pemilihan presiden, yang memfokuskan perhatian investor pada potensi hasil dan implikasi kebijakan dari pemilihan tersebut jauh lebih awal dari biasanya.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Bergeming (25 Mei 2024), Sebulan Naik 0,45%

"Sepertinya ini akan menjadi pemilihan presiden yang cukup ketat, jadi kemungkinan akan terjadi semacam penurunan karena investor menepi," kata Clissold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×