kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multifinance Geber Pembiayaan di Bulan Ramadan


Selasa, 21 Maret 2023 / 06:21 WIB
Multifinance Geber Pembiayaan di Bulan Ramadan
ILUSTRASI. Penjualan mobil melalui pembiayaan multifinance di Tangerang Selatan, Selasa (31/1/2023). Momen bulan Ramadan menjadi peluang perusahaan multifinance untuk mengerek pembiayaan yang lebih tinggi.

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pembiayaan atau multifinance bakal menggeber pembiayaan di bulan Ramadan nanti. Maklum, membeli mobil baru telah menjadi tradisi masyarakat untuk dibawa mudik ke kampung halaman.

Meskipun saat ini tren suku bunga murah di pandemi Covid-19 sudah selesai, hal itu tak berpengaruh pada minat masyarakat membeli mobil. Oleh karenanya, beberapa perusahaan multifinance pun telah memasang target tinggi.

Contohnya, PT BCA Finance yang menargetkan penyaluran kredit selama bulan Ramadan ini bisa mencapai Rp 3,5 triliun. Di bulan tersebut memang ditargetkan sebagai bulan penjualan tertinggi.

“Kami akan fokus untuk mobil baru maupun bekas, dengan komposisi baru lebih besar yaitu 70%,” ujar Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim, Senin (20/3).

Baca Juga: Kerjasama Multifinance dan Debt Collector, Seberapa Besar Perannya?

Roni melihat hal tersebut juga didukung dengan ketersedian barang yang sudah tidak jadi masalah lagi di tahun ini. Sebab, masalah ketersediaan ini sempat menjadi tantangan beberapa tahun belakangan.

Menurutnya, tantangan yang saat ini bakal lebih utama yaitu terkait dengan pengelolaan risiko dan kredit macet atau non performing loan (NPL). “NPL kita sekarang 2%,” ujarnya

Sementara itu, PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN) juga memasang target tinggi di bulan Ramadan ini. Direktur Utama CFIN Harjanto Tjitohardjojo bilang target pembiayaan CFIN bisa tumbuh 15% secara bulanan.

“Bulan Februari kemarin menyalurkan kredit Rp 720 miliar,” ujar Harjaanto.

Harjanto juga bilang, pihaknya menyiapkan bunga khusus di momen ini. Meskipun, menurutnya suku bunga yang sekarang masih dapat diterima oleh pasar.

“Untuk promo, bunga khusus 3 tahun di 2,88%, untuk pembiayaan mobil baru,” tambahnya.

Direktur Utama PT Mandiri Utama Finance (MUF) Stanley Setia Atmadja menambahkan, di momen bulan Ramadan biasanya MUF mencatat selalu ada pertumbuhan pembiayaan.

Beberapa tahun terakhir, kata Stanley, MUF selalu mencatatkan kenaikan pembiayaan di kisaran 20% dari bulan sebelumnya di momen ini. Mengingat, kebutuhan kendaraan terbilang naik untuk mudik lebaran.

“selama momen Ramadan ini, semua produk memiliki potensi pertumbuhan yang sama, baik mobil maupun motor, baru maupun bekas,” ujarnya.

Baca Juga: Pendapatan Clipan Finance (CFIN) Naik 2,42% Jadi Rp 1,5 Triliun Sepanjang 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×