kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasabah PNM Mekaar Saling Berdayakan Perempuan


Jumat, 03 November 2023 / 22:47 WIB
Nasabah PNM Mekaar Saling Berdayakan Perempuan
ILUSTRASI. Nasabah PNM Mekaar Saling Berdayakan Perempuan.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indriati bercerita banyak akan kiprahnya membantu sesama nasabah yang membutuhkan bantuan. Sebenarnya ia telah menjadi menjadi pahlawan bagi keluarga dan lingkungan di sekitarnya. Selintas perawakannya sederhana dan senyum ramahnya terkesan polos.  Nyatanya Indriati atau akrab dipanggil Iin berhasil membantu lebih dari 10 kerabatnya dalam berbisnis dan menjembataninya kepada akses permodalan.

Sosok sederhana yang inspiratif ini adalah Iin. Iin memang ulet berdagang, terlebih lagi saat ia mulai menjadi tulang punggung bagi rumah tangganya. Berbagai jenis usaha pernah ia tekuni seperti jajanan pasar, minuman manis, mainan anak, kue kering, bahkan membuka warung.

“Saya gampang bosen orangnya, selalu penasaran, tapi laku semua sih,” ujar Iin dalam keterangan tertulis PNM, Jumat (3/11).

Selain menyekolahkan anak-anaknya hingga ada yang masuk ke perguruan tinggi, Iin memberdayakan perempuan di sekitarnya. Warung miliknya diberikan kepada kakaknya untuk dilanjutkan. 

Baca Juga: Mandiri Utama Finance Targetkan Capex Rp 155 Miliar di Tahun 2024

Ia juga mengajarkan berdagang yang baik. Kerabat dan tetangganya juga selalu mendatangi rumahnya untuk menanyakan saran dalam berdagang. Anak sulungnya juga sudah giat berdagang voucher pulsa atas bimbingannya.

Bicara soal akses permodalan, Iin juga menjadi ketua kelompok PNM (Permodalan Nasional Madani) Mekaar sejak 7 tahun lalu. Kakak dan tetangganya juga berhasil bergabung dalam kelompoknya untuk memulai usaha berkat dirinya. Sekitar 7 orang juga berhasil Iin bantu untuk mendapatkan akses terhadap KUR (Kredit Usaha Rakyat) milik BRI.

Ia tahu PNM melalui program Mekaar selalu terbuka dengan masuknya nasabah baru. Ia juga tahu jika Mekaar memberikan modal finansial, modal intelektual dan modal sosial. Ia yang memang memiliki jiwa sosial yang tinggi menjalankan prinsip saling memberdayakan. 

“Kita perempuan harus maju dan mandiri, tetapi juga harus tulus punya niat untuk bantu orang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×