kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Saham AS: Ditutup Melemah Tertekan Data Manufaktur dan Gangguan Teknis Bursa


Selasa, 04 Juni 2024 / 05:34 WIB
Bursa Saham AS: Ditutup Melemah Tertekan Data Manufaktur dan Gangguan Teknis Bursa
ILUSTRASI. Bursa Saham AS: Ditutup Melemah Tertekan Data Manufaktur dan Gangguan Teknis Bursa. REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - New York, 4 Juni 2024 - Bursa saham Amerika Serikat (AS) sebagian besar ditutup melemah pada sesi perdagangan yang fluktuatif hari Senin (3/6) setelah data sektor manufaktur yang lemah dan gangguan teknis di NYSE yang menyebabkan penghentian sementara perdagangan di beberapa saham.

Gangguan di New York Stock Exchange menyebabkan fluktuasi besar pada saham Berkshire Hathaway dan Barrick Gold. Perdagangan di setidaknya 60 saham yang terdaftar di NYSE dihentikan karena volatilitas tersebut, sebelum bursa tersebut memperbaiki masalah teknis dan aktivitas dilanjutkan.

Pasar juga mempertimbangkan data yang menunjukkan aktivitas manufaktur AS melambat untuk bulan kedua berturut-turut, sehingga memicu kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang melemah.

Baca Juga: Harga Emas Turun Tipis (3 Juni 2024), Sebulan Bertambah 1,29%

"Apa yang Anda lihat ketika melihat pasar secara keseluruhan adalah bahwa perdagangan turun berdasarkan kekhawatiran pertumbuhan terkait dengan berlanjutnya data ekonomi yang lebih lesu," kata Keith Lerner, co-chief investment officer di Truist Advisory Services di Atlanta.

"Tidak hanya pasar secara keseluruhan yang turun, tetapi Treasury note AS 10-tahun juga turun sekitar 8 basis poin, dan itu sinyal lain bahwa investor khawatir tentang pertumbuhan ekonomi karena mereka sekarang membeli obligasi 10-tahun," tambah Lerner.

Pelaku pasar melihat peluang 59% bahwa Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan September, naik dari sekitar 53% sebelum data ISM dirilis, menurut alat FedWatch CME. Imbal hasil Treasury note AS 10-tahun turun ke level terendah dua minggu setelah data manufaktur yang lemah.

Baca Juga: Grafik Harga Emas 24 Karat Antam Terbaru (3 Juni 2024)

Menurut data awal, S&P 500 naik 5,91 poin, atau 0,11%, menjadi ditutup pada 5.283,39 poin, sementara Nasdaq Composite naik 93,62 poin, atau 0,56%, menjadi 16.828,63. Dow Jones Industrial Average turun 110,89 poin, atau 0,29%, menjadi 38.575,43.

Saham Nvidia naik setelah CEO Jensen Huang mengungkapkan bahwa platform chip AI generasi berikutnya dari perusahaan tersebut akan diluncurkan pada tahun 2026.

Saham perusahaan megacap lainnya, termasuk Apple, Amazon, dan Meta, mengalami kenaikan. Alphabet, Microsoft, dan Tesla mengalami penurunan.

Saham GameStop melonjak setelah posting Reddit akhir pekan dari influencer saham Keith Gill, yang juga dikenal sebagai "Roaring Kitty", menunjukkan taruhan senilai $116 juta pada retailer game tersebut.

Baca Juga: Periksa Limit Transfer BCA Sesuai Jenis Transaksi, di ATM maupun Mobile Banking

Investor akan mengamati minggu yang penuh dengan data, termasuk survei di sektor jasa, pesanan pabrik, dan laporan nonfarm payrolls hari Jumat yang diwaspadai ketat, yang dapat memberikan petunjuk tentang kemungkinan tindakan The Fed selanjutnya terkait dengan suku bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×