kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.294.000   -9.000   -0,39%
  • USD/IDR 16.585   5,00   0,03%
  • IDX 8.258   6,92   0,08%
  • KOMPAS100 1.128   -3,16   -0,28%
  • LQ45 794   -6,53   -0,82%
  • ISSI 295   3,34   1,15%
  • IDX30 415   -3,30   -0,79%
  • IDXHIDIV20 467   -5,39   -1,14%
  • IDX80 124   -0,60   -0,48%
  • IDXV30 134   -0,53   -0,39%
  • IDXQ30 130   -1,48   -1,13%

Cek Penyebab, Ciri-ciri, dan Solusi Akun DANA Dibekukan hingga Tidak Bisa Transaksi


Jumat, 10 Oktober 2025 / 10:53 WIB
Cek Penyebab, Ciri-ciri, dan Solusi Akun DANA Dibekukan hingga Tidak Bisa Transaksi
ILUSTRASI. Pertumbuhan Transaksi: Warga menggunakan QRIS dari dompet digital DANA untuk bertransaksi di merchant di Jakarta, Rabu (14/2/2024). DANA Indonesia mencatatkan jumlah pengguna mencapai 170 juta pada 2023 atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya dengan pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan dari 2022 ke 2023 yaitu mencapai 272%. KONTAN/Baihaki/14/2/2024

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - Simak penyebab Akun DANA dibekukan dan cara mengatasinya. Dalam penggunaan aplikasi keuangan digital seperti DANA, keamanan menjadi hal yang sangat penting.

DANA merupakan salah satu dompet digital yang memiliki banyak fitur termasuk gratis transfer ke bank setiap bulannya.

Tak jarang pengguna mengalami situasi di mana akun tiba-tiba dibekukan tanpa pemberitahuan yang jelas. Kondisi ini tentu membuat panik, apalagi jika ada saldo atau transaksi penting yang tertunda.

Baca Juga: Catat Limit Transaksi Akun DANA Basic dan Premium untuk Berbagai Transaksi 2025

Pembekuan akun DANA biasanya dilakukan sebagai langkah keamanan untuk melindungi pengguna dari aktivitas mencurigakan atau pelanggaran kebijakan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri dan penyebab kondisi yang memungkinkan pengguna harus mengembalikan akunnya.

Selain itu, ada juga cara mengatasi akun DANA yang dibekukan agar masalah ini dapat segera diselesaikan dengan aman dan tepat.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk ke Akun

Tanda-Tanda Akun DANA Sedang Dibekukan

Melansir dari laman resmi DANA, ada beberapa ciri-ciri akun DANA dibekukan.

1. Transaksi Sering Gagal

Salah satu indikasi paling umum bahwa akun DANA Anda dibekukan adalah ketika transaksi yang biasanya berjalan lancar mulai gagal secara berulang. Kegagalan dalam melakukan transfer, pembayaran, atau isi ulang saldo bisa menjadi tanda bahwa akun sedang bermasalah dan perlu diperiksa.

2. Muncul Notifikasi Pembekuan

Biasanya, aplikasi DANA akan mengirimkan pemberitahuan langsung kepada pengguna jika akun berada dalam status pembekuan. Notifikasi tersebut berisi informasi penyebab pembekuan, misalnya karena adanya pelanggaran terhadap ketentuan penggunaan.

3. Peringatan Pelanggaran Kebijakan

Selain notifikasi pembekuan, terkadang pengguna juga menerima pesan yang menunjukkan adanya indikasi pelanggaran kebijakan. Jika pesan semacam ini muncul, itu bisa menjadi sinyal bahwa akun Anda sedang dibekukan sementara atau sedang dalam proses pengawasan sistem keamanan.

Baca Juga: Cara Bayar PDAM Tanpa Antre Pakai E-wallet & E-commerce

Penyebab Umum Akun DANA Dibekukan

1. Aktivitas Transaksi Mencurigakan

Transaksi dalam jumlah besar secara mendadak atau frekuensi transaksi yang tidak wajar dapat memicu sistem keamanan untuk melakukan pembekuan sementara demi mencegah potensi penyalahgunaan.

2. Laporan Penipuan

Apabila ada laporan dari pengguna lain atau temuan aktivitas mencurigakan, DANA berhak membekukan akun untuk sementara waktu guna melindungi saldo serta data pengguna.

3. Login dari Banyak Perangkat

Masuk ke akun DANA dari beberapa perangkat atau lokasi berbeda secara bersamaan dapat dianggap mencurigakan oleh sistem keamanan, sehingga memicu tindakan pembekuan otomatis.

4. Salah Memasukkan PIN Berulang Kali

Terlalu sering gagal memasukkan PIN bisa membuat sistem mendeteksi potensi percobaan peretasan, yang kemudian berujung pada pembekuan akun.

5. Verifikasi Data Tidak Sesuai

Jika ada ketidaksesuaian atau perubahan pada data identitas yang tidak diverifikasi dengan benar, akun dapat dibekukan hingga pengguna memberikan klarifikasi yang sah.

Baca Juga: Sebanyak 40% Mitra Masih Transaksi Tunai, Amartha Dorong Cashless lewat E-Wallet

Cara Mengatasi Akun DANA yang Dibekukan

1. Hubungi DIANA (Asisten Digital DANA)

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghubungi layanan bantuan DANA melalui asisten digital bernama DIANA di dalam aplikasi.

2. Buka Menu “Pusat Resolusi”

Masuk ke aplikasi DANA, pilih menu “Saya”, lalu klik “Pusat Resolusi” untuk menemukan berbagai opsi penyelesaian masalah akun.

3. Gunakan Fitur Chat dengan DIANA

Melalui menu “Chat dengan DIANA”, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan tim dukungan pelanggan untuk mendapatkan bantuan terkait pembekuan akun.

Demikian informasi mengenai penyebab Akun DANA dibekukan dan cara mengatasinya.

Tonton: Menkeu Purbaya Optimistis IHSG Bisa Terus Menguat To The Moon

Selanjutnya: Pendaftaran Magang Nasional 2025 Diperpanjang, Cek Jadwal Terbarunya

Menarik Dibaca: Promo 10.10 Sport Station 10-12 Oktober 2025, Belanja Untung Diskon sampai 70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

×