kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia: Jatuh Empat Hari Berturut-turut, Khawatir Inflasi AS


Jumat, 24 Mei 2024 / 06:53 WIB
Harga Minyak Dunia: Jatuh Empat Hari Berturut-turut, Khawatir Inflasi AS
ILUSTRASI. Harga Minyak Dunia: Jatuh Empat Hari Berturut-turut, Khawatir Inflasi AS. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - New York. New York, 23 Mei (Reuters) - Harga minyak mentah turun untuk hari keempat berturut-turut pada hari Kamis dan menetap di level terendah dalam beberapa bulan karena prospek suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama memicu kekhawatiran terhadap pertumbuhan permintaan di pasar minyak terbesar dunia.

Minyak mentah berjangka Brent ditutup lebih rendah 54 sen, atau 0,7%, menjadi $81,36 per barel, terendah sejak Januari.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berjangka CLc1 turun 70 sen, atau 0,9%, menjadi $76,87 per barel, level terendah tiga bulan.

Data S&P Global menunjukkan aktivitas bisnis AS yang meningkat pesat bulan ini, tetapi produsen juga melaporkan lonjakan harga untuk berbagai input, menunjukkan peningkatan inflasi barang dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: FOREX - Dolar AS Menguat Didorong Peningkatan Aktivitas Bisnis

Pada hari Rabu, risalah dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve AS menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan masih ragu-ragu apakah suku bunga saat ini cukup tinggi untuk mengatasi inflasi yang membandel.

Suku bunga yang tinggi meningkatkan biaya pinjaman, yang dapat memperlambat aktivitas ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Selain itu, yang membebani pasar adalah stok minyak mentah AS yang naik 1,8 juta barel minggu lalu, menurut Energy Information Administration, dibandingkan dengan perkiraan penurunan 2,5 juta barel.

Namun, EIA melaporkan permintaan bensin AS di level tertinggi sejak November, memberikan sedikit dukungan untuk pasar energi menjelang akhir pekan liburan Memorial Day, yang dianggap sebagai awal musim mengemudi musim panas AS. Konsumsi bensin AS menyumbang sekitar 9% dari permintaan minyak global.

Baca Juga: Market Global: Wall Street Tertekan, Eropa dan Asia Landai

"Itu adalah laporan yang cukup bagus untuk bensin, semuanya mencapai sisi positif," kata analis Mizuho Bob Yawger. "Namun, satu laporan tidak membuat tren, jadi semua orang akan mengamati apakah ini bisa terus berlanjut ke depan."

Investor juga melihat ke depan pertemuan 1 Juni antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang bersama-sama disebut OPEC+, di mana kelompok tersebut akan memutuskan kebijakan produksinya.

Rusia mengatakan telah melampaui kuota produksi OPEC+ pada April karena "alasan teknis" dan akan segera menyerahkan rencana untuk mengkompensasi kesalahan tersebut kepada Sekretariat OPEC, kata Kementerian Energi Rusia pada Rabu malam.

Baca Juga: Bursa Saham AS: Saham AS Jatuh, Inflasi Kekhawatiran Utama

Pelemahan harga minyak mentah baru-baru ini meningkatkan kemungkinan bahwa OPEC+ akan mempertahankan pembatasan produksi yang ada setidaknya hingga akhir September, kata Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates yang berbasis di Houston.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×