kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,04   6,37   0.74%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Market Global: Saham Turun, Treasury Yield AS Naik Menanti Data Inflasi


Rabu, 29 Mei 2024 / 06:00 WIB
Market Global: Saham Turun, Treasury Yield AS Naik Menanti Data Inflasi
ILUSTRASI. Market Global: Saham Turun, Treasury Yield AS Naik Menanti Data Inflasi. REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Indeks saham global sedikit turun pada hari Selasa sementara imbal hasil Treasury AS naik ke puncak multi-minggu. Investor menunggu dengan hati-hati data inflasi yang akan dirilis akhir pekan ini dengan harapan mendapatkan petunjuk tentang prospek suku bunga AS.

Imbal hasil Treasury AS naik setelah lelang yang lemah. Imbal hasil sebelumnya telah meningkat setelah data menunjukkan kepercayaan konsumen AS secara tidak terduga membaik pada bulan Mei di tengah optimisme tentang pasar tenaga kerja setelah memburuk selama tiga bulan berturut-turut.

Selain itu, pertumbuhan harga rumah AS melambat tajam di bulan Maret, kemungkinan karena kenaikan suku bunga hipotek yang membebani permintaan.

Pelaku pasar saham paling fokus menunggu data harga yang baru akan dirilis pada hari Jumat.

Baca Juga: Bursa Saham AS: Nasdaq Sentuh 17.000, S&P 500 Naik Tipis, Dow Turun

Indikator inflasi pilihan Federal Reserve, laporan Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti AS, diperkirakan akan bertahan stabil pada basis bulanan untuk bulan April.

"Ini adalah minggu yang dipersingkat karena libur, jadi volumenya kemungkinan akan cukup rendah sepanjang minggu. Itu dikombinasikan dengan fakta bahwa pasar fokus pada satu data kunci yang akan dirilis pada hari Jumat," kata Gene Goldman, kepala investasi di Cetera Investment Management di El Segundo, California, merujuk pada libur Memorial Day AS pada hari Senin.

"Pasar dengan cemas menunggu di sela-sela untuk mendapatkan konfirmasi bahwa inflasi melambat menuju target Fed," kata Goldman.

Indeks saham global MSCI turun 1,28 poin, atau 0,16%, menjadi 792,07.

Namun, di Wall Street, Nasdaq berhasil melampaui level 17.000, dan ditutup di atasnya untuk pertama kalinya karena pemimpin AI Nvidia mencapai rekor tertinggi.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,55%, S&P 500 naik 0,02%, dan Nasdaq Composite naik 0,59%.

Baca Juga: IHSG Naik, 7 Indeks Sektoral Ikut Terdongrak (28 Mei 2024)

Sebelumnya indeks STOXX 600 Eropa ditutup turun 0,6%.

Di pasar Treasuries, imbal hasil naik setelah dua lelang obligasi yang lesu memicu keraguan tentang permintaan terhadap obligasi pemerintah AS sementara investor juga mencerna data ekonomi, yang memicu ketidakpastian tentang prospek kebijakan moneter Fed.

"Dengan nominal supply sebesar $297 miliar pada hari Selasa antara kupon dan bill, saya pikir beberapa gangguan bisa diharapkan," kata Tom Simons, ekonom AS di Jefferies di New York.

Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun benchmark naik menjadi 4,54%, dari 4,473% pada akhir Jumat, sementara imbal hasil obligasi 30-tahun naik menjadi 4,656%.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 2-tahun, yang bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik menjadi 4,9742%.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Naik (28 Mei 2024), Sebulan Naik 0,53%

Di pasar mata uang, indeks dolar AS pulih dari penurunan sebelumnya karena imbal hasil Treasury naik dan berhasil sedikit menguat.

"Pasar obligasi telah berbalik arah (pada hari Selasa) dan dolar bersamanya," kata Adam Button, kepala analis mata uang di ForexLive di Toronto, mengutip lelang yang lemah dan mencatat bahwa laporan kepercayaan konsumen yang membaik mencerminkan "pertumbuhan yang lebih kuat."

Indeks, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang termasuk yen dan euro, naik 0,04% di 104,60. Euro tidak berubah di $1,0858.

Terhadap yen Jepang, dolar menguat 0,18% di 157,14.

Baca Juga: Grafik Harga Emas 24 Karat Antam Terbaru (28 Mei 2024)

Harga minyak naik lebih dari $1 per barel karena ekspektasi OPEC+ akan mempertahankan pembatasan pasokan minyak mentah pada pertemuan 2 Juni, sementara dimulainya musim mengemudi musim panas AS dan dolar yang lebih lemah juga mendorong komoditas tersebut.

Minyak mentah AS menetap naik 2,71% menjadi $79,83 per barel sementara Brent menetap di $84,22, naik 1,35%.

Harga emas sedikit naik, dengan emas spot naik 0,33% menjadi $2.358,58 per ounce. Emas berjangka AS naik 1,17% menjadi $2.359,70 per ounce. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×