kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Saham AS: Wall Street Turun, Dow Sempat Sentuh 40.000 untuk Pertama Kali


Jumat, 17 Mei 2024 / 05:57 WIB
Bursa Saham AS: Wall Street Turun, Dow Sempat Sentuh 40.000 untuk Pertama Kali
ILUSTRASI. Bursa Saham AS: Wall Street Turun, Dow Sempat Sentuh 40.000 untuk Pertama Kali. REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada hari Kamis setelah Dow Jones Industrial Average (DJIA) mencapai titik tertinggi intraday di 40.000 untuk pertama kalinya. Investor masih menyesuaikan ekspektasi penurunan suku bunga setelah data menunjukkan perlambatan inflasi, disamping hasil pendapatan perusahaan yang kuat.

Kenaikan saham di awal hari menghilang sepanjang sesi perdagangan, dengan ketiga indeks utama ditutup sedikit lebih rendah. Indeks blue-chip Dow Jones telah pulih dari posisi terendah Oktober 2022, didorong oleh pertumbuhan ekonomi AS yang kuat meskipun Federal Reserve (Fed) menaikkan suku bunga secara tajam.

Sepuluh dari 11 sektor S&P 500 ditutup melemah, dengan saham-saham di sektor barang kebutuhan pokok konsumen (consumer staples) menjadi satu-satunya yang mengalami kenaikan tertinggi.

Baca Juga: Mark Dynamics Bagikan Dividen Rp 30 per Saham, Laba Bersih Melonjak 136%

"Kita telah mengalami reli besar dan investor sedang melihat kelipatan harga saham, berkata 'kita memiliki pertumbuhan pendapatan yang bagus tahun ini dan tahun depan tetapi masih dihargai di 21 atau 22 kali pendapatan di masa depan,'" kata Thomas Hayes, ketua Great Hill Capital di New York.

"Kita memiliki banyak berita bagus dan sebagian besar sudah diperhitungkan, dan itulah yang sedang dihadapi pasar saat ini," tambah Hayes.

Investor bertaruh pada dua pemangkasan suku bunga sebesar seperempat poin dari Federal Reserve tahun ini, dan memperkirakan peluang 70% untuk penurunan pertama pada bulan September, menurut CME FedWatch Tool.

Ketiga indeks utama Wall Street telah mencapai penutupan rekor pada hari Rabu setelah data menunjukkan kenaikan harga konsumen di bulan April lebih kecil dari perkiraan, menunjukkan inflasi kembali ke tren penurunan.

Baca Juga: Ekonom Josua Pardede: Bukan Rupiah yang Melemah!

Data pada hari Kamis juga menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun minggu lalu, meskipun kondisi pasar tenaga kerja tetap cukup ketat meskipun pertumbuhan pekerjaan sedang mendingin.

"Lingkungan saat ini tampaknya lebih fokus pada apa yang mungkin atau tidak mungkin dilakukan The Fed, mengingat kita memulai tahun ini dengan ekspektasi The Fed akan menurunkan suku bunga hingga enam kali tetapi baru-baru ini turun menjadi satu atau dua kali," kata Silas Myers, kepala eksekutif dan manajer portofolio di Mar Vista Investment Partners di Los Angeles.

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 38,62 poin, atau 0,10%, menjadi 39.869,38, S&P 500 (SPX) turun 11,05 poin, atau 0,21%, menjadi 5.297,10 dan Nasdaq Composite (IXIC) turun 44,07 poin, atau 0,26%, menjadi 16.698,32.

Raksasa ritel Walmart (WMT.N) naik 7% setelah mereka menaikkan perkiraan penjualan dan laba fiskal 2025, bertaruh pada penurunan inflasi untuk lebih meningkatkan permintaan barang kebutuhan pokok.

Produsen peralatan pertanian Deere (DE.N) turun 4,8% setelah untuk kedua kalinya mereka memangkas perkiraan laba tahunannya.

Baca Juga: 5 Hari Setelah Bank Tutup, LPS Bayar Klaim Dana Nasabah

Saham perusahaan asuransi Swiss, Chubb (CB.N) yang terdaftar di AS, naik 4,7% setelah Berkshire Hathaway (BRKa.N) milik Warren Buffett mengungkapkan kepemilikan saham senilai $6,7 miliar di perusahaan tersebut.

Saham meme stocks, GameStop (GME.N) dan AMC Entertainment (AMC.N) turun masing-masing 30% dan 15%, melanjutkan penurunan hari Rabu setelah reli dua hari yang dipicu oleh kembalinya "Roaring Kitty" Keith Gill ke media sosial.

Sekitar 17,8 miliar saham berpindah tangan di seluruh bursa AS, dibandingkan dengan rata-rata sekitar 11,5 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

By Chibuike Oguh and Bansari Mayur Kamdar

(Reporting by Chibuike Oguh in New YorkAdditional reporting by Bansari Mayur and Shristi Achar A in BengaluruEditing by Aurora Ellis and Matthew Lewis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×